Akses Jalan Ulumanda, Warga Minta Penanganan Darurat

0
145
Akses Jalan Ulumanda, Warga Minta Penanganan Darurat
Akses jalan Ulumanda (Foto: Ist)

Majene, gemasulawesi.com Akses jalan di Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, diminta oleh warga setempat agar segera ada penanganan darurat pemerintah pusat dan provinsi.

Pasalnya, jalanan akses warga sangat memprihatinkan terutama diwaktu penghujan.

Warga hanya bisa berharap ada upaya perbaikan jalan, minimal tanggap darurat untuk membuka akses jalan yang kini mulai menutup.

“Ada empat desa bagian atas yang sulit, khususnya dua desa, Ulumanda dan Popenga lumpuh total. Tidak bisa dilewati kendraan roda empat maupun roda dua,” ungkap Muhammad Arief, Sekretaris Camat Ulumanda, Selasa, 11 Juni 2019.

Ia berharap, Pemprov Sulbar segera membantu warga empat desa di bagian pegunungan Kecamatan Ulumanda.

Alasannya, jalan ini menjadi wewenang Pemprov Sulawesi Barat (Sulbar) sehingga harapan adanya perbaikan tertuju kepada mereka.

“Alat berat sekiranya bisa dikerahkan untuk bisa mengatasi sementara dan Pemdes setempat siap menanggulangi bahan bakarnya,” tuturnya.

Sekretaris Provinsi Sulbar Muhammad Idris mengaku akan segera menurunkan alat berat untuk penanganan darurat jalan Ulumanda.

Sekprov yang juga tokoh masyarakat Ulumanda ini juga mengaku Pemprov Sulbar bertanggung jawab atas kondisi jalan Ulumanda.

“Beberapa waktu lalu, saya katakan harus ada perbaikan, titik pendakian terparah sangat sulit dilewati kendaraan,” tegasnya.

Warga Ulumanda Berharap Dapat Bantuan Anggaran Pusat

Sementara itu, Kades Kabiraan Paharuddin menilai perlu mencari upaya kolektif semua pihak terkait demi mengakselerasi pembaikan jalan Ulumanda.

Menurutnya, perhatian Pemprov Sulbar sudah cukup baik. Namun, minimnya anggaran Pemerintah menjadi kendala.

“Jalanan Ulumanda butuh anggaran besar, ratusan miliar, jadi perlu mencari jalan mendapat anggaran pusat,” ungkapnya.

Ia mengusulkan, jalan Ulumanda di dorong statusnya menjadi jalan nasional atau minimal jalan transmigrasi seperti ruas Taukong-Tamajannag Ulumanda.

Pilihan jalan transmigrasi atau jalan strategis nasional yang penting bisa mendapat anggaran besar karena dana Pemprov nampaknya tidak cukup.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Transmigrasi Provinsi Sulbar, Herdin Ismail, mengatakan Ulumanda mungkin saja menjadi jalan transmigrasi.

Namun, Herdin menjelaskan, jalan transmigrasi tak bisa berstatus jalan provinsi seperti saat ini.

“Sepanjang jalan tersebut belum memiliki status, dimungkinkan, ditambah komunikasi Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Ia menambahkan, jika langkah perubahan status jalan Ulumanda diinginkan semua pihak termasuk warga, maka langkah pertama adalah mengusulkan ke Kementerian melalui Pemprov Sulbar.

“Kalau bisa dikomunikasikan dengan Kementerian, optimis akan diprogramkan,” tutupnya.

Laporan: Kautsar

Tinggalkan Balasan