4 Air Terjun yang Terkenal di Indonesia

waktu baca 3 menit
Ilustrasi

Kupas tuntas, gemasulawesi – Wisata alam memang tidak ada habisnya, salah satunya wisata Air terjun. Indonesia memiliki beragam air terjun terkenal dengan pemandangan yang menakjubkan. Yuk, ketahui apa saja air terjun terkenal dan indah yang bisa kamu kunjungi.

Negara memiliki banyak kekayaan yang tersimpan. Selain masakan Indonesia yang mendunia, juga terdapat air terjun yang terkenal hingga mancanegara dengan pemandangan yang menakjubkan. Penasaran apa saja air terjun terkenal di Indonesia yang bisa kamu kunjungi? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Air Terjun Banyumala, Bali

Tidak hanya memiliki pantai yang indah dan terkenal, tetapi Bali juga menyimpan air terjun dengan pemandangan yang luar biasa, yaitu Air Terjun Banyumala. Letak air terjun ini berada di dasar lembah dengan tiga sisi air terjun dan air terjun terbesarnya ada di bagian tengah. Airnya mengalir deras hingga membentuk kolam alami dengan air yang jernih dan segar.

Lokasi Air Terjun Banyumala berada di Desa Wanagiri, Sukasada, Buleleng. Apabila kamu berangkat dari Denpasar, membutuhkan  waktu perjalanan sekitar tiga jam. Harga tiket masuknya sebesar Rp10.000.

  1. Air Terjun Sipiso-piso, Sumatera Utara

Selain memiliki Danau Toba, Sumatera Utara juga memiliki air terjun terkenal hingga mancanegara, yaitu Air Terjun Sipiso-piso. Air terjun ini berada di perbukitan yang dikelilingi hutan pinus dengan ketinggian 800 mdpl. Sedangkan air terjunnya dengan ketinggian sekitar 120 meter.

Lokasinya sendiri tidak jauh dari Danau Toba, yakni tepatnya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Untuk menikmati air terjun Sipiso-piso ini, kamu perlu melewati jalur berupa anak tangga selama satu jam.

Baca: 20 Makanan Khas Sulawesi Tengah Yang Perlu Dicoba

  1. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 620 mdpl. Kamu akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan, setelah menempuh perjalanan yang menantang untuk sampai di air terjun Madakaripura.

Air terjunnya memiliki bentuk seperti curug, yaitu air terjun kecil yang dikelilingi oleh bukit-bukit. Konon, diceritakan bahwa dulu kala Air Terjun Madarika merupakan tempat meditasi terakhir Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit.

Lokasinya air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya yakni di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Ingin menyaksikan keindahan Air Terjun Madakaripura? Kamu perlu mengeluarkan kocek untuk membayar tiket masuk Rp5.000.

Baca: 20 Daftar Tempat Wisata di Manado yang Harus Kamu Kunjungi

  1. Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Wisata air terjun ini terletak di tepi Sungai Oyo dan berasal dari tiga sumber mata air Ngandong, Kedung Poh, dan Ngumbul. Ketiga sumber mata air tersebut pun mengalir melalui tebing karst hingga membentuk kolam alami di dasar air terjun. Kamu dapat berenang dan merasakan kesegaran airnya di kolam tersebut.

Masyarakat sekitar percaya bahwa Air Terjun Sri Gethuk merupakan sebuah tempat penyimpanan kethuk, yaitu salah satu instrumen gamelan dari Jin Anggo Meduro. Konon, pada saat tertentu dapat terdengar suara gamelan dari arah air terjun. Jika kamu penasaran bisa langsung mengunjungi Air Terjun terkenal ini yang terletak di di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. (*/Fan)

Baca: 14 Daftar Tempat Wisata Semarang yang Sangat Wajib kamu Kunjungi

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.