Home PARIGI MOUTONG Pernah Jadi Terpidana Korupsi Incraht, Masih Berstatus ASN

Pernah Jadi Terpidana Korupsi Incraht, Masih Berstatus ASN

Ada ASN Terpidana Korupsi, Jadi Pejabat Pemda Parimo
Illustrasi Pecat ASN Korupsi

Parimo, gemasulawesi.com Pernah menjadi terpidana korupsi incraht, masih berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) aktif di di lingkaran Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Parigi moutong (Parimo).

Oknum ASN itu kemudian diketahui bernama Michelle Stiyvan. Saat ini, Michelle menjabat sebagai Kepala seksi (Kasi) di bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Parimo.

“Iya benar, yang bersangkutan memang sekarang menjabat sebagai Kasi peningkatan jalan dan jembatan di sini,” ungkap Kepala bidang (Kabid) Bina Marga, Marcel, di ruang kerjanya, Selasa, 11 September 2019.

Dia menuturkan, Michelle Steyvan juga merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada seluruh proyek pekerjaan jalan di Parimo tahun anggaran 2019.

Sementara itu, Michelle Steyvan yang dihubungi via telepon seluler, Kamis, 11 September 2019, mengakui dirinya pernah dipidana atas tindak pidana korupsi.

“Iya, saya menjalani kurungan penjara selama sekitar sembilan bulan,” ungkapnya.

Diketahui, Michelle Steyvan tersandung kasus pengadaan satu buah alat berat di DPURP Parimo tahun 2011 pada kegiatan pengendalian banjir daerah tangkap air dan badan sungai yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp. 339.546.000 dengan total anggaran 1,5 Miliar Rupiah.

Saat itu Michelle Steyvan sendiri bertugas sebagai PPK. Pengadilan Negeri (PN) Palu, menjatuhkan pidana penjara kepada Michelle Stiyvan selama satu tahun dan sebagai tahanan kota.

Kemudian atas banding penuntut umum, Pengadilan Tinggi memutuskan, menguatkan putusan PN Palu pada 16 September 2013, nomor 18/Pid.Sus/Tipikor/2013/PN.PL. Serta, memerintahkan agar Michelle Steyvan di tahan dalam Rumah tahanan negara.

Penunjukan Michelle Steyvan sendiri berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala dinas (Kadis) Pekerjaan umum Kabupaten Parimo tertanggal 03 Januari 2011, dengan nomor 03/KPTS/PPTK/DIS.PU/2011 yang ditandatangani Saifullah Djafar.

Kemudian, dilakukan perubahan sesuai dengan SK Kepala Dinas Pekerjaan Umum Parimo nomor 09.c/KPTS/PRBHN/PPK/DIS.PU/2011 pada 05 Agustus 2011 yang ditandatangani Arifin Amat, selaku pejabat Pelaksana tugas (Plt) Kadis Pekerjaan Umum saat itu.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Parimo, Ahmad Syaiful yang dikonfirmasi beberapa waktu lalu terkait hal ini, mengaku tidak mengetahui jika Michelle Steyvan pernah dipidana atas kasus korupsi.

“Sampai saat ini kami belum menerima putusan incraht terkait kasus Michelle,” tutupnya.

Laporan: Ahmad Nur Hidayat

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.