70 Miliar Rupiah, Investasi Budidaya Udang Parigi Moutong

70 Miliar Rupiah, Investasi Budidaya Udang Parigi Moutong
Foto: Budidaya Udang Vaname di Parigi Moutong.
Jangan Lupa Share

Berita parigi moutong, gemasulawesi– PT Aquakultura Prima menyebut nilai investasi budidaya udang Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, saat ini sudah mencapai 70 miliar rupiah.

“Rencana kedepan akan melakukan Investasi 600 M rupiah,” ungkap Manajemen PT. Aquakultura Prima Heri Handoyo, saat penebaran udang vaname perdana di Sejoli Parigi Moutong, Minggu 4 Juli 2021.

Ia menuturkan, investasi budidaya udang Parigi Moutong bersama kelompok budi daya ikan PT. Aquakultura Prima dan masyarakat, sepenuhnya ditanggung perusahaan. Dan dilakukan kerjasama sistem bagi hasil dengan masyarakat.

Lokasi tambak untuk investasi budidaya udang Parigi Moutong seluas 250 Ha. Sudah dikelola 40 Ha dengan kapasitas 30 kolam. Dan saat ini dalam pengembangan 28 Kolam dengan Investasi saat ini sudah mencapai 70 M dan kedepan.

“Kami mohon bantuan bapak, untuk meningkatkan kapasitas listrik dan mengawasi masyarakat disekitar tidak melakukan bom untuk menangkap ikan karena kedepan bisa mengganggu budidaya,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, investasi budidaya udang Parigi Moutong ini dibuat dengan metode ramah lingkungan. Dan hasil limbah tambak akan diolah menjadi pupuk organik. Serta akan didistribusikan kepada masyarakat.

Baca juga: Berdayakan Warga Lokal, Strategi Pemda Buol Budidaya Udang Vaname

Kedepan PT. Aquakultura Prima akan bekerja sama dengan IPB Bogor untuk pengembangan tambak indoor dalam ruangan dengan sistem super intensif.

“Kami akan memperluas Investasi di Luwuk di Toiba melalui Toiba Marindo Lestari luas areal seluas 400 Ha,” sebutnya.

Baca juga: Pemda Siapkan 4 Juta Benih Udang Vaname Buol

Di Kabupaten Parigi Moutong saat ini dikembangkan Sekolah Tinggi Kelautan dan Perikanan. Diharapkan kedepan lulusannya dapat menjadi SDM bisa mendukung PT. Aquakultura Prima kedepan.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Tengah tabur udang vaname perdana di Parigi Moutong.

baca juga: DPRD Nilai Positif Penyiapan Tenaga Kerja di Parigi Moutong

“Dengan potensi ini, kita harus mampu memprokduksi 200 ribu ton, kita memiliki garis pantai 6000 Km jadi sangat mungkin kita mencapai target itu sehingga seluruh kebutuhan sarana pendukung untuk itu seperti listrik,” ungkap Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura saat penaburan benur perdana di Parigi Moutong.

Ia mengatakan, saat ini pembangunan pembangkit listrik baru sudah harus dipersiapkan. Dan harus mengembangkan Pelabuhan Pantoloan sebagai pelabuhan Ekspor.

Baca juga: Sekda Harap Investasi Bisa Serap Tenaga Kerja Lokal

Selain itu, perusahaan daerah harus memiliki peran besar untuk mengelola potensi di daerah.

“Saya sangat gembira, di daerah ini ada investasi budidaya udang besar sudah ada di tiga kabupaten yaitu Parigi Moutong, Banggai dan buol,” tuturnya.

Ia berharap investasi budidaya udang Parigi Moutong semuanya untuk kesejahteraan masyarakat dan menargetkan tingkat kemiskinan kita bisa turun sampai diangka 7 persen.

Baca juga: Udang Vaname Buol, Komoditas Strategis Ekonomi Lokal

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post