64 PAUD HI Parigi Moutong Sudah Kategori A

waktu baca 2 menit
Kabid PAUD Disdikbud Parigi Moutong, Nurlina.

Parigi moutong, gemasulawesi.comTerdata sejumlah 64 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif atau PAUD HI Parigi Moutong (Parimo) sudah masuk kategori atau Grade A.

“Pemda telah berikan penghargaan kepada 64 lembaga PAUD HI yang tersebar di Kabupaten Parigi Moutong,” ungkap Kepala bidang (Kabid) PAUD Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Parigi Moutong di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, pihaknya menginginkan seluruh PAUD HI mencapai grade A. Alasannya, agar kebutuhan anak bisa terpenuhi dengan maksimal. Sehingga program penanganan stunting dapat tercapai.

Terdapat 53 indikator yang terbagi ke dalam lima layanan lembaga PAUD HI mendukung pengentasan stunting. Kalau indikator itu bisa dilaksanakan secara baik, hasilnya pun akan maksimal. Kalaupun, tidak bisa secara keseluruhan dalam satu waktu untuk memenuhi indikator, maka bisa dilaksanakan secara bertahap.

“Indikator dan layanan itu sesuai dengan Juknis pelaksanaan PAUD Holistik Integratif di satuan PAUD,” terangnya.

Selanjutnya, ada pembagian grade dalam status PAUD HI. Grade A misalnya untuk layanan pencapaian program dengan 46-53 indikator. Kemudian seterusnya pembagian beberapa grade lainnya. Dengan pembagian grade ini diharapkan akan menunjang motivasi untuk meningkatkan posisi lembaga PAUD hingga grade tertinggi.

Contoh layanan untuk pemenuhan indikator, diantaranya pemenuhan gizi makanan anak. Dibutuhkan peranan guru sebagai penilai standar gizi dari bekal makanan yang disiapkan orang tua.

Kalau ada yang dinilai kurang kata dia, guru melalui buku penghubung dapat menyampaikan kebutuhan gizi anak pada orang tua. Atau dapat juga disampaikan pada saat parenting.

“Buku penghubung itu semacam surat dari guru ke orang tua terkait catatan kadar gizi bekal makanan anak,” jelasnya.

Baca Juga: Dinas Lingkungan Hidup Kembangkan Rumah Kompos Parigi Moutong

Ia mengatakan, partisipasi utama penanganan stunting adalah melalui peranan orang tua. Adapun pemberian makanan tambahan yang bersumber dari BOP dan Dana Desa. Namun, itu hanyalah penunjang dan pendukung.

Kedepannya, seluruh PAUD HI bisa mencapai Grade A. Sehingga, penanganan program pengentasan stunting bisa dirasakan secara menyeluruh.

“Pada dasarnya seluruh PAUD di Parigi Moutong itu sudah Holistik Integratif (HI),” tutupnya.

Baca juga: Ini Lima Layanan Dasar Stunting PAUD HI Parigi Moutong

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.