5 Tips Cara Atasi Penuaan Dini

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Ilustrasi

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Berbagai masalah kulit cenderung membuat orang kurang percaya diri. Salah satunya, tanda-tanda penuaan dini yang bisa muncul di usia muda penting untuk segera diatasi. Biasanya hal seperti disebabkan dengan pola gaya hidup yang tidak sehat.

Nah, untuk menghindarinya, Anda bisa menerapkan lima tips di bawah ini untuk atasi penuaan dini dan selalu terlihat awet muda.

  1. Perawatan kulit rutin

Tips pertama untuk mencegah penuaan dini adalah dengan  merawat kulit Anda secara teratur. Saat ini, bahkan produk perawatan kulit yang mengkhususkan diri dalam menjaga kolagen dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Anda tinggal memilih  yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Produk ini dibagi menjadi beberapa bagian. Ini termasuk sabun wajah, toner, serum, pelembab, esens dan masker.Belum lagi  risiko penyakit berbahaya jika terus merokok.

  1. Berhenti merokok

Sudah diketahui bahwa rokok mengandung nikotin, sebuah zat yg bisa Mengganggu kolagen dalam kulit. Kandungan ini nantinya akan menyebabkan banyak sekali perindikasi penuaan dini, misalnya kekeringan, kekusaman, & keriput. Oleh karenanya, bagi engkau  yg tengah kecanduan, sanggup segera berhenti sebelum terlambat. Belum lagi adanya risiko penyakit berbahaya bila terus-terusan merokok.

  3.Mengurangi konsumsi alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein adalah dua bahan yang  disukai kebanyakan orang. Memang jika porsinya berlebihan, bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

4.Menjaga kualitas tidur

Tidur merupakan tindakan wajib untuk mengistirahatkan seluruh bagian tubuh. Waktu ideal untuk orang dewasa adalah 78 jam sehari. Jika di bawah angka tersebut, bisa mengganggu kesehatan, termasuk kulit.

Seseorang dengan kualitas tidur yang buruk cenderung memiliki kulit yang kusam.Belum lagi tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan yang biasanya muncul di  bawah mata. Masalah lain yang juga bisa terjadi akibat kurang tidur adalah lingkaran hitam dan kantung di bawah mata.

Jika demikian, rasa percaya diri akan menurun dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, buatlah jadwal tidur, usahakan untuk meningkatkan kualitasnya. Misalnya, gunakan pengharum ruangan, alas yang lembut, dan jangan terlalu sering menderingkan ponsel sebelum memejamkan mata.

  1. Jaga Asupan Makanan Anda

Makanan tertentu juga bisa memicu gejala penuaan dini, lho. Salah satunya  mengandung glikasi, senyawa berbahaya yang terbentuk dengan menggabungkan protein dan lemak dengan gula  darah. Jika kadarnya terlalu tinggi, berbagai tanda penuaan  bisa muncul.

Sebagai tindakan pencegahan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti bayam, tomat, wortel, brokoli, anggur, dan buah kiwi.Pasalnya kandungan ini mampu menurunkan kadar glikasi dalam tubuh, sehingga kulit bisa terlihat lebih  muda.

Jangan lupa minum air putih secara teratur, bahkan setiap hari, karena mineral yang dikandungnya mampu mencegah kulit kusam dan kering.

Nah, dari lima tips  mencegah penuaan dini di atas, mana yang belum Anda miliki dan mampu Anda lakukan? (*)

Baca: Garam Dapur Dan Laut, Sama- Sama Asin Tapi Berbeda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.