Banner Disperindag 2021 (1365x260)

41 Nakes Puskesmas Positif Covid19 di Kasimbar Parigi Moutong

41 Nakes Puskesmas Positif Covid19 di Kasimbar Parigi Moutong
Foto: Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Parigi Moutong, Fauziah Alhadad.

Gemasulawesi– Dinas Kesehatan melaporkan sebanyak 41 Nakes Puskesmas positif covid19 di Kasimbar, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

“Usai dilakukan rapid tes antigen dan PCR, ke 41 Nakes ini dinyatakan positif,” ungkap Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Parigi Moutong, Fauziah Alhadad saat dihubungi, Rabu 18 Agustus 2021 

Dia menyebutkan, rata-rata Nakes Puskesmas positif covid19 di Kasimbar setiap harinya memberikan pelayanan langsung ke pasien terkonfirmasi positif.

Baca juga: Nakes Positif Covid 19, Puskesmas di Morowali Tutup Sementara

Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga tertular dari keluarga pasien covid19 itu sendiri.

“Dengan adanya kasus itu, Satgas Percepatan Penanganan covid19 Parigi Moutong langsung mengambil tindakan langkah cepat dalam memutus mata rantai penyebaranya,” ujarnya.

Ke 41 Nakes Puskesmas positif covid19 itu, langsung diperintahkan untuk menjalani Isolasi mandiri (Isoman). Dan dilakukan pengawasan selama isolasi serta akan diberikan pangan sehat untuk dikonsumsi.

Sebelumnya, Puskesmas Kasimbar tutup layanan rawat inap, IGD dan persalinan. Itu karena Nakes Puskesmas positif covid19.

“Iya mereka memang mengajukan, karena ada teman-teman terpapar usai menangani pasien Covid19. Saat ini kontak erat pasien itu, telah menjalani isolasi mandiri sambal menunggu hasil tes swab PCR,” ungkap Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Parigi Moutong, Wulandari Marasobu.

Baca juga: Tiga Puskesmas di Parigi Moutong Resmi Beroperasi

Puskesmas Kasimbar tutup layanan

Puskesmas Kasimbar tutup layanan dilakukan Rabu 11 Agustus 2021.

Penutupan sementara itu kata dia, tidak diberlakukan untuk pelayanan rawat jalan. Sebab, sebagian tenaga kesehatan tidak terpapar, tetap melaksanakan tugasnya.

Diketahui, pihak Puskesmas Kasimbar telah menyampaikan pemberitahuan dengan nomor: 445.1099/C-19, perihal penutupan sementara ruang IGD dan ruang persalinan.

Surat pemberitahuan Puskesmas Kasimbar tutup layanan, diteken Kepala UPTD Puskesmas Syaifudin, dan Koordinator Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid19 Puskesmas Kasimbar dr Satriayani.

Bahkan, sebelumnya empat Puskesmas lainnya juga sempat menutup pelayanan rawat inapnya, dengan alasan sama.

Keempat puskesmas itu yakni Puskesmas Torue, Balinggi, Sienjo dan Lambunu I. Namun bagi pasien rawat jalan tetap mendapatkan layanan seperti sebelumnya. (***)

Baca juga: Satu Pasien Covid 19 di Kasimbar Parimo Meninggal

Laporan: Novita Ramadhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post