36 Desa di Parimo Sulteng Jadi Lokus Penanganan Stunting 2021

  • Whatsapp
36 Desa di Parigi Moutong Parimo Sulawesi Tengah Sulteng Jadi Lokus Penanganan Stunting 2021
Sekretaris Bappelitbangda Parimo Sulteng, Irwan, SKM

Berita parigi moutong, gemasulawesi Sebanyak 36 desa menjadi lokus pengananan permasalahan stunting di Kabupaten Parimo Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Pada kegiatan rembuk stunting, seluruh pihak di Kabupaten Parigi Moutong bersepakat untuk tetap melakukan penanganan stunting. Namun, tetap memperhatikan protokol covid-19,” ungkap Sekretaris Bappelitbangda Parimo Sulteng, Irwan, SKM, di kantor Bappelitbangda Jumat 5 Juni 2020.

Bacaan Lainnya

Ia melanjutkan, saat ini Bappelitbangda beserta instansi terkait sudah melaksanakan aksi ketiga penanganan stunting. Yaitu rembuk stunting dengan berbagai OPD, namun bedanya pelaksanaannya dilaksanakan secara daring.

Tujuannya, untuk menerapkan protokol covid-19. Sehingga, rembuk stunting diadakan melalui video conference.

“Pada tahun 2021, lokus penanganan stunting akan terpusat pada 36 desa di Parimo Sulteng,” singkatnya.

Aksi stunting keempat dan kelima telah dilaksanakan, tinggal tiga aksi tersisa dari delapan aksi stunting di Parimo Sulteng.

Ia mengatakan, instansi atau OPD teknis pelaksana stunting di lapangan, sepakat untuk menerapkan protokol covid-19.

Terpisah, Kabid Sosbud Bappelitbangda Parimo Sulteng mengatakan, menurunkan angka kasus kekerdilan anak menjadi salah satu perhatian khusus pemerintah pusat.

“Penanganannya diberikan kepada daerah dalam rangka pemenuhan gizi. Tujuannya, agar tumbuh kembang anak menjadi lebih baik,” tuturnya.

Menurutnya, seluruh OPD bisa secara bersama terlibat nedukung menangani stunting. Termasuk pemerintah desa dan kelurahan serta pihak swasta.

Setiap OPD kata dia, akan menyesuaikan program perencanaan guna mendukung upaya Pemda Parimo untuk menurunkan angka stunting.

“Programnya, dapat berupa intervensi melalui kegiatan fisik maupun non fisik, tergantung perencanaan masing-masing,” jelasnya.

Ia melanjutkan, tahun 2020 Parimo Sulteng menetapkan sekitar 47 desa yang akan di intervensi dengan sejumlah program penanganan stunting dari masing-masing OPD.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.