2Banner GIF 2021

33 Purna Paskibraka Parigi Moutong Ditetapkan Jadi Duta Pancasila

33 Purna Paskibraka Parigi Moutong Ditetapkan Jadi Duta Pancasila
Foto: 33 Purna Paskibraka Parigi Moutong Ditetapkan Jadi Duta Pancasila.

Gemasulawesi– Sebanyak 33 anggota Purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Parigi Moutong menjadi Duta Pancasila.

“Penetapan ini dilaksanakan secara serentak se Sulawesi Tengah. Untuk Parigi Moutong sendiri hanya dihadirkan perwakilan Purna Paskibraka, dari wilayah Kecamatan Parigi, Kecamatan Parigi Tengah, dan Kecamatan Parigi Selatan,” ungkap Kepala Bidang Kepemudaan Olahraga, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Parigi Moutong, Mardiana saat penetapan Duta Pancasila secara virtual di kantor Bupati Parigi Moutong, Kamis 28 Oktober 2021.

Menurut dia, Bupati Parigi Moutong akan menyematkan pin dan menyerahkan piaga kepada Purna Paskibraka Duta Pancasila 2021, di Lolaro Kecamatan Tinombo, pada 29 Oktober.

Baca juga: Walikota Resmi Kukuhkan Anggota Paskibraka Kota Palu

Dia pun memastikan, saat penyematan itu, akan dihadiri 33 Purna Paskibraka dari Kecamatan Moutong hingga Kecamatan Sausu.

Pada kegiatan itu juga kata dia, akan dihadiri langsung Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Pusat.

“BPIP pusat akan melakukan perjalanan menuju Pantai Lolaro Kecamatan Tinombo, Jumat subuh besok,” kata dia.

Diketahui, penetapan Purna Paskibraka itu merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Peraturan Presiden, nomor 13 tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda, Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Penetapan Purna Paskibraka bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai pancasila ke generasi muda agar menjaga pancasila tetap kokoh, sebagai pemersatu bangsa.

Baca juga: Presiden Jokowi Lantik Fadjroel Rachman Jadi Duta Besar Indonesia untuk Kazakhstan

Sebelumnya, Ketua Umum Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Nasional Gousta Feriza mengaku ini merupakan tonggak sejarah awal dalam penetapan Paskibraka sebagai duta Pancasila.

“Ini merupakan tonggak sejarah dalam penetapan Paskibraka sebagai Duta Pancasila dan seterusnya akan terus berjalan”, ucapnya.

Baca juga: 33 Calon Anggota Paskibraka Parigi Moutong Telah Jalani Latihan

Dia pun berkomitmen terus memberikan pembinaan kepada Purna Paskibraka, terutama dalam mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari.

“Ini menjadi tugas buat adik-adik Purna Paskibraka untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari Pancasila dalam tindakan”, tutupnya.

Laporan: Yunus/Fia/Riska

Baca juga: Lembaga Pendidikan Diminta Berperan Aktif Menanamkan Ideologi Pancasila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post