226 Anak Sekolah Raudhatul Athfal Mamuju Ikuti Praktek Manasik Haji

1
187
226 Anak Raudhatul Athfal Mamuju Ikuti Praktek Manasik Haji
Siswa Raudhatul Athfal Mamuju (Foto: Aqil)

Mamuju, gemasulawesi.com Sebanyak 226 anak dari delapan sekolah Raudhatul Athfal Kabupaten Mamuju ikuti praktek manasik haji.

226 anak dibagi ke dalam sembilan kloter praktik manasik haji. Anak peserta praktik manasik haji berasal delapan sekolah Raudhatul Athfal di Kecamatan Mamuju dan Simboro.

“Apresiasi tinggi kepada orang tua siswa yang senantiasa memberikan dukungan, sehingga agenda kegiatan pembelajaran di luar jam sekolah,” ungkap Ketua PD Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA), Kartini Tahir di Rumah Adat Kabupaten Mamuju, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar peserta didik sejak dini diberikan pemahaman tentang tata cara berhaji, menanamkan nilai-nilai keislaman dan membentuk karakter yg berakhlakul karimah.

Baca juga: Target Sepuluh Persen Penurunan Stunting, Ini Peran OPD Parigi Moutong

Kegiatan yang diprakarsai PD. IGRA Mamuju lanjut dia, bertepatan dengan perayaan Milad IGRA ke 17 tahun, 29 Oktober 2019 mendatang

“Kami saling bersinergi dengan panitia yang diketuai Marlina sehingga kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik. Sumber anggaran yang digunakan berasal dari partisipasi orang tua siswa dan dana IGRA,” jelasnya.

Ia melanjutkan, selain mempraktekkan rukun Islam yang kelima bagi anak, para orang tua juga dapat menyaksikan secara langsung tahapan-tahapan yang dilakukan pada pelaksanaan haji.

Sehingga, dapat menjadi motivasi tersendiri untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah dengan mendaftarkan diri lebih cepat kepada pihak penyelenggara haji.

Baca juga: Suhu Udara Tercatat 37,8 Derajat Celsius, Ini Peringatan BMKG Sulawesi Tenggara

“Walaupun faktanya daftar tunggu jamaah haji sangat panjang. Semoga dengan adanya pembinaan praktek manasik haji, orang tua dan masyarakat dapat melihat serta memotivasi untuk tidak perlu menunggu usia lanjut baru mendaftarkan haji,” tuturnya.

Diketahui dari basis data daftar tunggu Kemenag, waktu tunggu haji Kabupaten Mamuju telah mencapai tahun 2043. Sementara kuota jemaah haji yang diberikan Kemenag sejumlah 262 orang.

Kemudian, pendaftaran jemaah haji Mamuju hingga saat ini telah mencapai 6078 orang. Dan terdapat 88 jamaah daftar tunggu yang telah melunasi biaya haji. (***)

Baca juga: Cabai Tembus Ratusan Ribu Per Kilo, Pengusaha Kuliner Gorontalo Mengeluh

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan