213 Calon Bintara Ikuti Pendidikan di SPN Polda Sulawesi Tengah

waktu baca 2 menit
Ilustrasi gambar

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – 213 calon Bintara mulai ikui Pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulawesi Tengah di Labuan, Kabupaten Donggala, selama lima bulan kedepan.

Pendidikan pelatihan Pembentukan Bintara Angkatan Kedua (Diktukba) Polri Tahun 2022 yang dipimpin Kapolres Sulawesi Tengah Rudy Sufahriadi, Senin 25 Juli 2022.

Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Kalemdiklat), Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel dalam pesan tertulis yang dibacakan Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa yang lolos seleksi menjadi mahasiswa Program Diktukba Polri Gelombang II Tahun 2022.

“Selamat datang di Lembaga pendidikan dan pelatihan Polri, dimana seluruh mahasiswa dididik, ditempa dan dilatih menjadi insan yang berakhlak mulia, profesional, berakhlak mulia, bermental dan berintegritas,” ujarnya.

Baca: Dua Pelaku Pengedar Uang Palsu di Donggala Ditangkap Polisi

Menurutnya, pendidikan merupakan aspek penting dalam mempersiapkan SDM Polri yang unggul di era Police 4.0, yang mampu menjawab tantangan era digital saat ini, serta tuntutan pelayanan masyarakat yang semakin meningkat. Oleh karena itu, pelatihan ini penting karena bintara berada di garda terdepan dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan bagi masyarakat.

Selain itu, Kalemdiklat mengatakan keterampilan dan perilaku bintara di lapangan akan menentukan wajah Polri dan kepercayaan masyarakat terhadap polisinya.

Oleh karena itu, proses pendidikan yang relatif singkat ini harus dirancang dengan baik dan benar, dengan prinsip mengutamakan mutu dan memberikan porsi yang lebih besar pada kegiatan praktek kerja lapangan, sehingga hasil belajar sesuai dengan harapan.

Sementara itu, kabid Humas Polda Sulawesi Tengah Kombes Pol Didik Supranoto mengatakan, pelatihan yang diikuti 213 calon bintara Diktukba Polri tersebut, yang berlangsung selama lima bulan mulai 25 Juli hingga 21 Desember 2022 akan berlangsung.

Tingkatan pelatihan yang dilakukan adalah pembentukan dasar Bhayangkara selama 1 bulan, pembekalan profesi kepolisian selama 3,5 bulan dan pembulatan selama 0,5 bulan.

“213 mahasiswa Diktuba Polri angkatan II 2022 itu merupakan perwakilan kabupaten dan kota yang beberapa waktu yang telah dinyatakan lulus dalam seleksi tersebut,” ucap Didik. (*/Ikh)

Baca: Aspidum Kejati Sulawesi Tengah Cederai Kemerdekaan Pers

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.