2021, Target Perampungan Jembatan Olobaru-Lemusa

18280
Jangan Lupa Share

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menargetkan pembangunan jembatan Olobaru-Lemusa akan rampung tahun 2021.

“Target kami, jembatan itu bisa fungsional tahun ini dengan waktu pelaksanaannya, sekitar 180 hari atau enam bulan lamanya,” ungkap Kepala Bidang Bina Marga, DPUPRP Parigi Moutong, I Wayan Mudana, di ruang kerjanya, Jumat 26 Maret 2021

Ia menjelaskan, jembatan Olobaru-Lemusa, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, rencananya fungsional pada 2020. Namun, dilanda bencana banjir yang mengakibatkan salah satu abutment jembatan roboh.

Baca juga: DPUPRP Usul Empat Jembatan Rusak Dapat Bantuan BNPB

Jembatan Olobaru-Lemusa merupakan salah satu dari tujuh jembatan rusak akibat banjir Juli 2020 silam.

Perihal kerusakan jembatan Olobaru-Lemusa itu, sudah dikoordinasikan dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga: Renovasi Laboratorium Uji SWAB RSUD Anutapura Palu Rampung 100 Persen

Baca juga: Sulawesi Tengah Dapat Kuota 97 PPPK Guru Madrasah Kemenag 2021

Bahkan, saat itu Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XIV Palu, meminta untuk mengirimkan file foto kondisi jembatan Olobaru-Lemusa yang rusak. Beserta kronologi dan action plan lewat aplikasi seluler.

Sehingga, dana hibah yang dikucurkan Sulawesi Tengah sebesar 4,5 miliar rupiah untuk pembangunannya tidak cukup menjadikannya fungsional pada 2020.

“Melihat kejadian itu maka Bupati Samsurizal Tombolotutu membuat pernyataan siap mendanai kembali pembangunan jembatan itu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di tahun 2021,” katanya.

Baca juga: Rampung, Penanganan Darurat Dua Jembatan Rusak di Parigi Moutong

Baca juga: Tim Gabungan Tangkap Dua Pelaku Pencurian Cengkeh di Banggai

Kemudian, saat ini anggaran pembangunan jembatan itu untuk 2021, sudah ada. Dan pekerjaannya sudah dilelang dengan pagu anggaran sebesar 1,6 miliar rupiah.

Bahkan, saat ini pihaknya sudah akan berkontrak kerjasama dengan pihak pelaksana pembangunan jembatan Olobaru-Lemusa. Namun, hanya tinggal menuggu waktu saja.

“Jadi, target kami dengan anggaran 1,6 miliar rupiah jembatan penghubung antara dua desa itu bisa fungsional pada tahun ini,” pungkasnya.

Baca juga: Ini Jadwal Pengumuman Serentak Hasil SKD CPNS 2019

Baca juga: Proyek Jalan Transmigrasi UPT Sinyonyai Ditargetkan Rampung September 2019

Laporan: Aldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post