2021, Kemenhub Sasar Pengembangan Pelabuhan Anggrek di Gorontalo

waktu baca 2 menit
Foto: Pengembangan Pelabuhan Gorontalo.

Berita nasional, gemasulawesi– Kemenhub menyasar Pelabuhan Anggrek di Gorontalo, untuk pengembangan dimulai 2021. Melalui melalui pendanaan kreatif non APBN dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

“Pelabuhan ini memiliki konektivitas dengan negara timur jauh seperti Jepang, Korea, China, dan Hongkong. Kami mengajak pihak investor swasta untuk berkolaborasi mengembangkan tidak hanya pelabuhan saja, tetapi juga untuk kepentingan kawasan sekitar (hinterland),” ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis, belum lama ini.

Kemenhub memberikan dukungan konsorsium yang menjadi pemenang lelang proyek pengembangan pelabuhan anggrek di Gorontalo, agar mengembangkan pelabuhan ini dengan baik.

Sehingga, keberadaan Pelabuhan Anggrek di Gorontalo dapat bermanfaat untuk melancarkan pergerakan logistik, dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta kawasan sekitarnya.

Baca juga: Efisien 25 Persen, Ekspor dari Pelabuhan Pantoloan Kota Palu

Baca juga: Kota Palu Berlakukan Pembatasan Jam Operasional Usaha

“Saya meminta agar konsorsium dapat bersinergi secara nasional dan internasional terutama dengan pemerintah daerah. Misalnya untuk perluasan, karena pekerjaan kepelabuhan tidak bisa dikerjakan sendiri,” jelasnya.

Baca juga: Distributor Parimo Pasarkan 200 Ton Beras Via Tol Laut

Baca juga: DPRD Nilai Positif Penyiapan Tenaga Kerja di Parigi Moutong

Keberadaan pelabuhan anggrek di Gorontalo diharapkan dapat saling mendukung dengan Pelabuhan Gorontalo berada di Kota Gorontalo. Sehingga, dapat menciptakan efisiensi dan tidak menimbulkan masalah seperti kemacetan.

Baca juga: Polsek Luwuk Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan

Baca juga: Minim, Jumlah Auditor di Parigi Moutong

“Kami mendukung upaya pengembangan Kabupaten Gorontalo Utara yang termasuk daerah Terpencil Terluar Tertinggal dan Perbatasan (3TP) ini untuk mengentaskan kemiskinan,” tuturnya.

Baca juga: Bertambah, Satu Pasien Positif Corona Asal Kota Palu Sulteng

Baca juga: Nekat Gunakan Atribut TNI, Pria Asal Lampung Diamankan Polisi

Selain itu, dengan pengembangan Pelabuhan Anggrek di Gorontalo, diharapkan dapat mengembangkan produktivitas, dan menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya. (***)

Baca juga: Dishub Usul Pengembangan Pelabuhan Parigi Moutong

Baca juga: DPRD Belum Terima Surat Putusan PN Status Sugeng

Baca juga: Cuaca Sulawesi Tengah, BMKG: Waspada Hujan Petir Angin Kencang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.