20 Desa, Target Pembangunan Talud DPUPRP Parigi Moutong

  • Whatsapp
20 Desa Target Pembangunan Talud DPUPRP Parigi Moutong
Illustrasi Talud

Parigi moutong, gemasulawesi.com Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Parigi Moutong akan merealisasikan pembangunan talud atau tanggul abrasi.

“Talud itu akan dibangun pada 20 desa yang tersebar di seluruh wilayah Parigi moutong,” ungkap Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPRP Kabupaten Parigi Moutong, Alfianto di ruang kerjanya, Senin 24 Februari 2020.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, pembangunan talud di beberapa desa Parigi Moutong itu terbagi pada beberapa wilayah. Mulai dari Kecamatan Sausu hingga Moutong yang berbatasan dengan Provinsi Gorontalo.

Hanya saja, ia mengaku belum dapat menyebutkan satu per satu nama desa itu. Namun, tidak menutup kemungkinan akan mengalami penambahan dua hingga tiga desa.

Pembangunan talud itu kata dia, merupakan pengajuan proposal dari Pemerintah desa (Pemdes) berdasarkan hasil Musrenbang.

“Kami buatkan skala prioritas, desa mana saja yang dianggap layak dilaksanakan tahun ini pembangunan taludnya karena melihat kondisi dampak terparah,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya setiap tahun menerima usulan permohonan pembangunan talut dari seluruh Pemdes.

Hanya saja, seluruh usulan itu tidak dapat terakomodir secara keseluruhan setiap tahunnya. Hal itu diakibatkan minimnya anggaran yang hanya mengakomodir pembangunan talut sepanjang 300 meter dalam setahun.

Sehingga, pembangunan talud disetiap desa yang masuk dalam skala prioritas hanya sepanjang 30 meter saja. Permintaan yang masuk melalui usulan, ada yang mencapai 300 hingga kiloan meter setiap desa.

“Kami tidak dapat merealisasikan seluruhnya karena hanya mengandalkan anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang secara keseluruhannya bisa membangun talud sepanjang 300 meter untuk satu tahun,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya terkadang mendapat aksi protes dari Pemdes yang belum terealisasikan usulannya.

Namun, ia mengaku tidak bisa dapat melakukan antisipasi lainnya karena minimnya jumlah anggaran.

Tetapi, bagi Desa yang belum terealisasi usulannya tahun ini misalnnya, akan direalisasikan di tahun berikutnya.

“Garis pantai Parigi Moutong memiliki panjang 472 kilo meter dan banyak terdapat pemukiman disepanjang pantai. Wajar jika setiap tahun banyak usulan pembangunan talud,” tandasnya.

Baca juga: Ahmad Saiful: Lokasi Ujian CAT CPNS Parigi Moutong Sudah Siap

Laporan: Rhoy L

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar