Banner Disperindag 2021 (1365x260)

1840 Guru di Parigi Moutong Terima Tunjangan Sertifikasi

1840 Guru di Parigi Moutong Terima Tunjangan Sertifikasi
Foto: 1840 Guru di Parigi Moutong Terima Tunjangan Sertifikasi.

Gemasulawesi– Tercatat 1840 guru di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mulai dari TK, SD, SMP dan pengawas, menerima tunjangan sertifikasi triwulan dua.

“Disdikbud telah mencairkan sertifikasi guru PNS sebanyak dua triwulan. Namun, di triwulan satu terbayarkan sebanyak 1.850 orang guru, di triwulan dua hanya 1.840 guru,” ungkap Kasi Kesharlindung Disdikbud Parimo, Zakir saat dihubungi, Rabu 8 September 2021.

Menurut dia, sepuluh orang guru tidak dapat menerima tunjangan sertifikasi, disebabkan adanya guru telah masuk masa purnabakti, meninggal serta tidak validnya data didalam sistem.

Baca juga: Disdikbud Evalusi Penyaluran Tunjangan Guru di Parigi Moutong

“Pada triwulan kedua mengalami pengurangan berdasarkan sistem yang dikeluarkan pihak kementerian,” tuturnya.

Dirinya menuturkan, pada pembayaran tahun ini terdapat 700 orang guru triwulan empat tahun 2020 mengalami kekurangan bayar. Sehingga baru bisa terbayarkan di triwulan dua kali ini.

Sesuai dengan surat keputusan dikeluarkan kementerian kata dia, dengan dasar itu maka Disdikbud mengajukan proses pencarian ke pihak Bank setempat.

“Jadi ada data yang tidak valid, maka secara otomatis guru yang bersangkutan tidak akan menerima tunjangan berdasarkan sistem di Dapodik,” jelasnya.

Namun, sebelum itu para guru harus melengkapi seluruh syarat yang telah ditentukan, yakni kinerja guru serta dokumen lainnya. Apabila terdapat data belum lengkap, maka akan diberikan waktu untuk melakukan perbaikan.

“Waktu yang diberikan kemarin sampai 30 Juni, namun sampai batas waktu itu beberapa guru tidak bisa menerima tunjangan sertifikasi,” sebutnya.

Baca juga: Berikut Besaran Gaji Ribuan Pegawai KPK Baru Dilantik

Tunjangan profesi adalah salah satu penghasilan tambahan bisa diterima seorang guru. Pemerintah memberikan tunjangan sertifikasi untuk meningkatkan kesejahteraan pendidik.

Tak bisa dipungkiri, masih banyak guru di Tanah Air menerima penghasilan terbilang kecil atau tak sebanding dengan beban pekerjaannya.

Pemerintah memberikan tambahan penghasilan bagi guru dalam bentuk Tunjangan Profesi Guru atau lebih dikenal dengan TGP.

Tunjangan ini berlaku untuk semua guru berstatus PNS maupun non-PNS yang telah lolos dalam program sertifikasi guru. (***)

Baca juga: Kota Palu Laksanakan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang Jasa 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post