17 Hektar Sawah di Kecamatan Balinggi Parigi Moutong Terendam Banjir

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Banjir Balinggi Parigi Moutong Rendam Pemukiman Warga. (Foto/Isitimewa)

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi.com- Enam jam diguyur hujan 17 hektar sawah pada dua Desa di Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong terendam banjir.

Hujan deras terjadi Kamis, 27 Januari 2022 sejak sore hingga malam merendam sawah dan pemukiman warga Desa Balinggi dan Suli.

“17 hektar sawah siap panen itu dipastikan gagal panen kali ini, kasian petani-petani disana. Selain itu rumah warga dan sejumlah infrastruktur yang ada juga kena imbas dari banjir,” terang Anggota DPRD asal Fraksi gerindra, I Ketut Mardika, Jum’at, 28 Januari 2022 di lokasi banjir.

Baca: Diguyur Hujan Semalaman, Desa Sendana Terendam Banjir

Ia mengatakan, meluapnya air berasal dari beberapa titik sungai pembuangan.

Lanjut dia, sawah yang terendam air dan lumpur 7 hektar terletak di dusun satu dan 10 hektar di dusun dua.

“Ditaksir petani merugi gingga ratusan juta rupiah, itu kalau kita hitung dalam satu hektar sawah bisa menghasilkan tujuh ton gabah. Kalau dikalikan 17 hektar artinya kerugian mencapai 119 ton gabah,” urainya.

Baca: Enam Wilayah Masuk Peta Rawan Banjir di Parigi Moutong

Kondisi itu kata dia, diperparah dengan gabah milik warga yang sudah selesai panen juga ikut terendam banjir dan lumpur.

Ia berharap, balai sungai wilayah III membantu penanggulangan tanggul yang jebol akibat banjir tersebut. Berdasarkan pengalaman setiap memasuki musim penghujan, normalisasi sungai tidak mampu mengatasi luapan air.

“Warga juga berusaha secara swadaya melakukan perbaikan dengan menggunakan puluhan karung berisikan pasir. Tetap tidak bisa mengatasi persoalan ini,” terangnya.

Warga sekitar juga kata dia, berharap ada pembangunan bronjong kurang lebih 75 meter. Untuk mengatasi persoalan banjir yang kerap terjadi pada musim penghujan. (wn/fan)

Baca: 50 Hektar Sawah di Toribulu Parigi Moutong, Rusak Terendam Banjir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.