Banner Disperindag 2021 (1365x260)

1665 UMKM Terdampak Pandemi Target Program Pemulihan Ekonomi Sigi

1665 UMKM Terdampak Pandemi Target Program Pemulihan Ekonomi Sigi
Foto: Illustrasi UMKM terdampak pandemi covid19.

Gemasulawesi– Sebanyak 1665 UMKM terdampak pandemi covid19, menjadi target program pemulihan ekonomi Sigi, Sulawesi Tengah.

“Total dana disalurkan sebesar Rp17 miliar untuk pemulihan ekonomi pada sektor UMKM,” ungkap Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi di Sigi, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, program pemulihan ekonomi Sigi menjadi salah satu yang prioritas.  Intervensi itu, kata dia, terlaksana atas kolaborasi antara Kementerian Koperasi dan UKM bersama Pemkab Sigi melalui Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sigi.

Baca juga: Pemda Diminta Lakukan Pendataan Masyarakat Terdampak PPKM

Sektor UMKM menjadi satu sektor penentu ekonomi dalam situasi pandemi Covid19, yang harus diberdayakan dan diintervensi pemerintah. Agar tetap bertahan dalam situasi pandemi. Sehingga menjadi target pemulihan ekonomi.

“Jadi, ini tidak hanya akan selesai di 100 hari kerja kami, tetapi akan terus kami lanjutkan hingga selesai periode kami,” katanya.

Samuel juga menuturkan, Pemda memberikan dukungan terhadap 75 UMKM terdampak bencana dengan nilai anggaran Rp150 juta. Sebagai target program pemulihan ekonomi Sigi.

Baca juga: Pemkot Palu Kunjungi BNPB Pusat Bahas Penyaluran Dana Stimulan Tahap II

“Kondisi ekonomi kita tetap terjaga karena kinerja OPD dalam memberdayakan UMKN dan usaha mikro,” katanya.

Pihaknya berharap bantuan kepada UMKM terdampak pandemi covid19 dapat dimanfaatkan dengan baik, demi eksistensi dalam target program pemulihan ekonomi Sigi.

Baca juga: 185 UMKM Terdampak PPKM Dapat Bantuan Beras dari Pemkot Palu

Pemda Sigi target penyaluran dana stimulan selesai Agustus 2021

Diketahui, Pemda menargetkan penyaluran dana stimulan rumah rusak karena terdampak gempa selesai pada Agustus 2021, guna mempercepat pemulihan masyarakat penyintas di Sigi.

“Kami targetkan bulan Agustus ini penyaluran pencairan dana stimulan rumah rusak karena gempa tahap II masuk pada data awal, ditargetkan selesai Agustus,” ucapnya.

Berdasarkan data awal jumlah penerima stimulan rumah rusak karena gempa, saat ini masih tersisa 630 kepala keluarga atau 2,48 persen, dari total 23.739 kepala keluarga.

Baca juga: Rehab Rumah Rusak, BPBD Parimo Akomodir Tambahan 3000 Unit

Penyaluran dana stimulan untuk rumah rusak berat, sedang dan ringan terhadap 630 kepala keluarga itu, kata dia, ditargetkan selesai pada Agustus tahun ini. Dengan total anggaran senilai Rp10 miliar lebih.

“Yang selebihnya sudah diselesaikan dalam 100 hari kerja kami,” tutupnya. (***)

Baca juga: Gubernur Sulawesi Tengah: Validasi Data Penerima Bantuan Stimulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post