12 Rekomendasi Tempat Wisata Kuningan Jawa Barat

waktu baca 6 menit
Ket Foto: Situs Purbakala Cipari. (Foto/Istimewa)

Kupas tuntas, gemasulawesi – Kuningan adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat, potensi wisata Kuningan sangatlah beragam, apalagi kota ini juga memiliki bentang alam yang sangat memukau. Jika pemerintah mengelola wisata lokal dengan baik, maka masyarakat akan merasakan manfaatnya.

Objek Wisata Kuningan Jawa Barat

Kabupaten Kuningan memiliki total luas sekitar 1.178 km2 dan berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Cirebon. Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Brebes. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Ciamis. Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Majalengka.

Wajib, Kunjungi 10 Tempat Ini Jika Berkunjung Kesana!

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Kabupaten Kuningan, tak ada salahnya menyimak rekomendasi wisata Kuningan, Jawa Barat yang sudah disusun oleh tim redaksi Gema Sulawesi!

  1. Objek Wisata Cibulan

Objek wisata Cibulan merupakan tempat wisata yang menyimpan sejarah peradaban Islam di Pulau Jawa. Menurut cerita, tempat ini merupakan salah satu persinggahan Prabu Siliwangi. Objek wisata Cibulan terletak di Desa Manis Kidul, Kuningan, Jawa Barat.

Ada cerita menarik, konon di objek wisata cibulan terdapat ikan yang telah berusia ratusan tahun. Bahkan, ikan keramat ini hilang saat kolam pemandian dibersihkan, ada juga masyarakat yang mengklaim jika ikan tersebut menjelma menjadi duri-duri ikan saat malam bulan purnama. Yang jelas, ini hanyalah mitos yang ada di masyarakat setempat.

  1. Taman Nasional Gunung Ciremai

Rekomendasi tempat wisata Kuningan yang selanjutnya adalah Taman Nasional Gunung Ciremai yang menjadi salah satu destinasi wisata para pecinta alam.

Dalam Taman Nasional Gunung Ciremai juga terdapat air terjun yang sangat memanjakan mata. Keindahan bentang alam di taman nasional ini juga membuat suasana sekitar sangat asri.

Bagi para pendaki, disini juga tersedia basecamp yang biasa digunakan para pendaki untuk berkumpul. Gunung Ciremai dan perkebunan yang hijau sangat layak untuk kamu kunjungi bersama orang-orang terdekat.

Baca: Wow, 10 Tempat Wisata Pandeglang yang Harus Kamu Kunjungi!

  1. Situs Purbakala Cipari

Situs Purbakala Cipari juga menjadi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Situs ini merupakan warisan zaman pra-sejarah era megalitikum yang diwariskan dari masyarakat purba yang ada di daratan Sunda besar, yakni daratan yang mencakup wilayah Jawa Kalimantan, dan Sumatera.

Yang menakjubkan adalah, situs ini terbilang cukup detail dalam menggambarkan kehidupan di masa pra-sejarah. Sehingga, banyak wisatawan dari kalangan pelajar yang mengunjungi tempat ini untuk mempelajari sejarah.

  1. Wisata Alam Curug Sidomba

Curug Sibonda, terletak di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kuningan. Bagi kamu pecinta wisata alam, curug ini wajib hukumnya untuk kamu kunjungi. Menurut masyarakat, nama Cidomba diambil karena di sekitar curug ini terdapat hewan domba yang cukup banyak.

Dari segi karakteristik, Curug Sidomba memiliki ketinggian tiga meter saja. Untuk memanjakan wisatawan, terdapat beberapa fasilitas seperti tempat bermain anak, restoran, dan lain sebagainya.

Di sekitar Curug Sidomba juga ada masjid unik yang memiliki 99 anak tangga. Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah dari atas menara.

  1. Taman Wisata Alam Linggarjati

Bagi masyarakat Kabupaten Kuningan, Taman Wisata Alam Linggarjati sudah tak asing lagi. Dengan suasana khas pegunungan, taman ini memiliki udara yang sejuk dan segar.

Bagi pecinta wisata pegunungan, tempat ini cocok sekali digunakan sebagai tempat perkemahan dan rekreasi, ditambah dengan beberapa fasilitas seperti kolam pemancingan ikan, kolam renang, sepeda air, dan lain sebagainya.

Taman Wisata Alam Linggarjati berlokasi di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Berjarak 14 kilometer dari pusat kota Kuningan.

Baca: Pesona Tempat Wisata Jawa Tengah Mulai dari Alam Hingga Religi

  1. Waduk Darma

Selain menjadi fasilitas pengairan, Waduk Darma juga menjadi salah satu objek wisata Kuningan yang cukup populer. Disini, kamu bisa mengelilingi waduk dengan menggunakan perahu kecil.

Udara yang sejuk dan pemandangan alam yang eksotis tentu akan membuat kamu merasa betah berwisata disini. Kamu juga bisa melihat pemandangan bukit hijau yang berada di sekitar Waduk Darma.

Untuk menuju Waduk Darma, kamu harus menempuh jarak 12 kilometer dari pusat kota Kuningan.

  1. Telaga Remis

Jika kamu mengunjungi Kuningan, tak ada salahnya mengajak keluarga untuk berkunjung ke Wisata Telaga Remis yang terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan.

Dengan jarak tempuh 37 kilometer dari pusat kota, Telaga Remis cocok sekali dikunjungi untuk melepas penat setelah beraktivitas. Suasana pegunungan pun sangat terasa karena di sekitar Telaga Remis memiliki suhu udara yang cukup dingin.

  1. Kebun Raya Kuningan

Terletak di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pesawahan. Kebun Raya Kuningan memiliki luas lahan sekitar 176 hektare, serta di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut.

Kebun Raya Kuningan juga dikelilingi perbukitan yang asri, sehingga menambah kesan sejuk. Rencananya, Kebun Raya Kuningan akan disulap menjadi objek wisata alam dan ilmiah (eco-tourism), untuk memperkenalkan flora dan fauna endemik Gunung Ciremai.

Baca: 14 Daftar Tempat Wisata Semarang yang Sangat Wajib kamu Kunjungi

  1. Open Space Gallery

Jika kamu seorang pecinta seni, Open Space Gallery adalah objek wisata yang wajib kamu kunjungi. Disini kamu akan terbawa suasana yang kental dengan nilai-nilai budaya.

Open Space Gallery juga sering digunakan sebagai venue pertunjukan kesenian, terutama saat malam tahun baru tiba. Berlokasi di kawasan wisata Linggarjati, Cilimus. 14 kilometer dari pusat kota Kabupaten Kuningan.

  1. Gedung Perjanjian Linggarjati

Gedung ini adalah saksi bisu digelarnya perjanjian antara Indonesia dengan pemerintah kolonial Belanda pada 10-13 November 1946. Gedung ini juga masih satu kawasan dengan Taman Wisata Linggarjati Indah, dan hanya berjarak 100 meter.

Sampai saat ini, gedung ini masih terawat dengan baik. Perabot rumah yang ada di dalamnya juga masih sama saat Perjanjian Linggarjati berlangsung. Dokumentasi perundingan juga terpampang rapi di dinding, ada juga foto pimpinan delegasi Indonesia yakni Sutan Sjahrir dan beberapa delegasi pemerintahan kolonial Belanda seperti Schermerhom dan P. Sanders.

  1. Pemandian Air Panas Sangkanurip

Pemandian Air Panas Sangkanurip terletak di Desa Sangkanurip, Kecamatan Cilimus. Tak jauh dari Wisata Linggarjati. Pemandian ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin merelaksasi otot-otot yang tegang setelah beraktivitas, sekaligus menyantap hidangan masakan ikan air tawar.

Pemandian Air Panas Sangkanurip merupakan tempat pemandian air panas yang alami dan mengandum yodium. Di sekitar pemandian, terdapat penginapan yang bisa anda sewa ketika ingin bermalam disini.

  1. Curug Palutungan

Salah satu tempat wisata Kuningan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Curug Palutungan yang berlokasi di kawasan kaki Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur.

Di sekitar lokasi Curug Palutungan, cocok sekali digunakan sebagai lokasi perkemahan. Dengan lokasi yang cukup luas, akses jalan yang mudah, udara yang sejuk, serta menyuguhkan gemercik air jernih yang dipadu dengan pohon pinus yang menjulang.

Selain itu, di sekitar Curug Palutungan juga terdapat dua curug yakni Curug Landung dan Curug Ciputri yang memiliki pesona air terjun alami.

Tunggu apalagi, segera ajak keluarga kamu untuk menikmati wisata Kuningan yang sudah direkomendasikan tim Gema Sulawesi. Sekian informasi yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat, ya! (*/Fan)

Baca: Disangka Begal Anggota Babinsa di Makassar Dikeroyok Oleh Warga

 

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.