11 Tempat Wisata di Palembang Unik dan Instagramable Banget

waktu baca 6 menit
Ket Foto: Jembatan Ampera Palembang. (Foto/Istimewa)

Liburan tentu menjadi impian semua orang bukan? Apalagi kalau didampingi oleh teman atau keluarga terdekat. Untuk melengkapi liburanmu, tempat wisata di Palembang ada berbagai wisata menarik yang wajib kamu kunjungi. 

Sebagian dari kamu pasti tahu bahwa Palembang merupakan salah satu kota yang menyimpan segudang tempat wisata yang menarik dan indah. Mata kamu akan dimanjakan selagi kamu mengunjungi tempat tersebut.

Tidak hanya tempat wisata saja yang menjadi ikon untuk bisa kamu nikmati, tetapi juga berbagai fasilitas pendukung bisa kamu gunakan sebaik-baiknya. Fasilitas seperti tempat parkir, penginapan, makanan khas Palembang, dan sebagainya.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Palembang

Sebagai salah satu kota tertua di Indonesia, Palembang mempunyai beragam tempat wisata menarik. Untuk menjelajahi kota Palembang, kamu perlu tahu rekomendasi tempat wisata di Palembang yang menarik yang bisa kamu kunjungi. Dijamin sangat puas dan nagih selagi ada di sana. Berikut merupakan beberapa rekomendasi wisata di Palembang yang kami rekomendasikan untukmu.

Baca: Wisata Rembangan Jember, Mumpung Gratis Ayo Ramaikan!

Lokasi Wisata Ini Terbaik untuk Swafoto!

  1. Jembatan Ampera

Tempat yang satu ini pasti tidak asing lagi bukan? Bagaimana tidak, jembatan Ampera menjadi salah satu ikon kota Palembang. Kurang afdol rasanya jika kamu di kota Palembang tanpa mengunjungi tempat ini.

Jembatan ini dibangun sejak tahun 1965. Menariknya, jembatan ini menghubungkan antara dua daerah yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

Dengan menyambut Asian Games 2018, jembatan ini direnovasi menjadi sangat menarik. Adanya bangku-bangku di pinggir dan jam analog raksasa yang ditempatkan di menara jembatan, menjadi daya tarik wisatawan di berbagai penjuru dunia.

Jembatan ini semakin menarik jika kamu mengunjungi pada saat malam hari karena adanya lampu-lampu cantik yang menyorot di sepanjang jembatan. Untuk melengkapi wisata kamu, sekitar 50 meter dari jembatan, kamu akan disuguhkan tempat pusat makanan dan oleh-oleh sebagai pelengkap perjalanan.

  1. Masjid Agung Palembang

Bagi kamu yang sedang berwisata religi, masjid Agung Palembang menjadi tempat yang wajib kamu kunjungi. Masjid ini sangat dikagumi oleh banyak orang karena kemegahan, desain arsitektur yang menarik, serta lokasi tempat cagar budaya yang ada di sekelilingnya.

Perpaduan bangunan dari Eropa, Tiongkok, serta Indonesia menjadi bangunan yang lengkap dan sangat unik. Sentuhan Tionghoa terletak di atap kelenteng dan bagian dalam tampak bagaikan bangunan Eropa.

  1. Bayt Al-Qur’an Al-Akbar

Wisata religi pilihan selanjutnya yaitu Bayt Al-Qur’an Al-Akbar. Tempat ini salah satu tempat wisata religi paling ramai di kota Palembang. Tempat ini disebut dengan Al-Qur’an Raksasa yang didalamnya terdiri dari 30 juz ayat suci Al-Qur’an yang dipahat di lembar kayu.

Al-Qur’an Al-Akbar di Palembang adalah yang pertama dan terbesar di dunia. Per huruf diukir dengan indah timbul warna kuning di kayu yang berdasar cokelat. Masa pengerjaan ini kurang lebih 7 tahunan. Dengan mengunjungi tempat ini, dijamin kamu akan takjub dengan segala keindahannya.

  1. Arung Jeram Sungai Manna

Rekomendasi wisata yang satu ini pasti menjadi list wajib, apalagi bagi kamu yang menyukai tantangan. Dengan menguji adrenalin, wisata arung jeram Sungai Manna menjadi pilihan.

Dengan panjang trek kurang lebih 15 km dari hulu hingga finish, menjadi keseruan tersendiri. Apalagi dengan dukungan medan dan pemandangan yang memanjakan mata. Disini, kamu bisa memilih start sesuai keinginan seperti induk sungai ataupun anak sungai. Semua mempunyai kesulitan yang berbeda tergantung titik yang kamu pilih.

  1. Pulau Kemaro

Menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi, tidak akan menyesal karena sangat worth it untuk bisa menikmati berbagai wisata lain di Pulau Kemaro ini. Saat kamu mengunjungi Pulau Kemaro, ada 5 wisata yang bisa kamu kunjungi disana seperti Pohon Cinta, Klenteng Hok Tjing Rio, Pagoda Menara 9, Tan Abun and Siti Fatimah Grave, dan Festival Cap Go meh.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Pulau Kemaro, membutuhkan sedikit perjuangan karena jalur yang bisa kamu gunakan adalah jalur laut. Tetapi, perjuangan tersebut terbayarkan dengan segala keindahan yang ditawarkan.

Baca: 10 Tempat Wisata di Samarinda untuk Kamu Kunjungi

  1. Air Terjun Lematang Indah

Salah satu wisata alam yang paling terkenal di Palembang adalah air terjun Lematang Indah. Wisata ini terletak di kota Pagar Alam yang mempunyai ketinggian sekitar 40 meter. Lingkungan sekitar yang sangat asri sangat disukai banyak orang apalagi dapat menyejukkan mata para pengunjung.

Dalam perjalanan menuju air terjun, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah sehingga kamu tidak akan bosan selama perjalanan. Tidak hanya itu, spot foto menarik bisa kamu nikmati.

  1. Bukit Siguntang

Kamu menyukai pegunungan? Tempat yang satu ini pasti cocok banget buat kamu. Bukit ini terletak di ketinggian 30 meter di atas permukaan laut. Pemandangan akan terlihat sangat indah dan sangat asri untuk dinikmati.

Uniknya, tempat ini juga terdapat makam bangsawan pendiri kota Palembang, maka tidak heran jika banyak orang menganggap tempat ini sakral.

  1. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Berwisata sambil belajar? Di kota Palembang ada tempat wisata sekaligus bisa digunakan untuk belajar yaitu Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Di tempat ini, kamu akan disuguhkan tempat yang indah dan menarik untuk dipelajari.

Kamu akan dilihatkan berbagai peninggalan kerajaan pada sejarah kota Palembang. Lokasi museum ini berada di Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak.

Baca: Rekomendasi Tempat Makan di palu Untuk Wisatawan

  1. Gunung Dempo

Melihat pemandangan yang indah apalagi di daerah pegunungan merupakan kecintaan semua orang. Bagaimana tidak, kamu akan dimanjakan dengan berbagai warna hijau dari tumbuhan yang subur.

Gunung Dempo merupakan salah satu wisata gunung yang ada di Palembang dengan jumlah pengunjung yang banyak. Untuk sampai ke tempat tersebut, kamu harus menempuh perjalanan melewati kota kecil pagar alam kurang lebih 7 km dari pusat kota.

Tidak hanya itu, Gunung Dempo ini menawarkan banyak kekayaan alam rimba gunung yang terlihat sangat alami. Disarankan jika kamu ingin mengunjungi tempat ini pada musim kemarau karena untuk mencegah jalanan licin.

  1. Air Terjun Bidadari

Tidak kalah menarik dengan wisata yang lain, tempat ini menjadi salah satu favorit para pengunjung, apalagi dengan nama yang unik menjadikan orang penasaran. Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi karena pemandangan yang sangat indah.

Di tepinya ditumbuhi pohon-pohon rindang yang membentuk seperti goa sehingga suasananya semakin teduh. Yang menjadi daya tarik lainnya yaitu seringkali tempat ini dikelilingi banyak burung dan kupu-kupu beterbangan di sana. Sejuknya air membuat kamu betah untuk bermain air di sana.

  1. Taman Kambang Iwak

Tempat wisata di Palembang yang satu ini juga tidak kalah menarik untuk berswafoto. Taman Kambang Iwak atau biasa disebut dengan Ki Park merupakan taman yang dibangun pada masa Belanda. Tempat ini bukan hanya digunakan untuk tempat wisata saja, tetapi juga bisa digunakan untuk berolahraga.

Bagi kamu yang gemar berswafoto, tempat ini mempunyai banyak sekali spot foto menarik yang instagramable banget. Tidak hanya itu, area wisata anak disediakan cukup lengkap, sehingga si kecil akan betah berada di sana. (*/Fan)

Baca: Parigi Moutong Darurat Banjir

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.