fbpx

10 Tempat Wisata di Samarinda untuk Kamu Kunjungi

waktu baca 6 menit
Ket Foto: JWW Samarinda. (Foto/Istimewa)

Kupas tuntas, gemasulawesi  – Mau pergi-pergi ke Samarinda untuk keperluan bisnis, liburan keluarga, atau lainnya? Eitsss, jangan sampai kamu melewatkan berbagai tempat wisata di Samarinda yang wajib didatangi! Mumpung lagi di Samarinda, yuk, nikmati panorama alam yang indah di sana!

Untuk kamu yang belum tahu, Samarinda merupakan ibukota Kalimantan Timur dan dikenal dengan keindahan alam hingga peninggalan sejarah yang terkenal. Dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di bawah ini, tidak hanya menikmati keindahan kotanya, kamu juga bisa menemukan berbagai tempat hidden gem di Samarinda. Langsung aja, yuk!

10 Tempat Wisata di Samarinda

Kalau berkunjung ke Samarinda, kamu tidak boleh melewatkan 10 tempat wisata di Samarinda ini. Bepergian bersama keluarga, teman, maupun rekan kerja jadi lebih berkesan dengan tempat-tempat wisata ini!

  1. Tempat Wisata di Samarinda: Jembatan Mahakam

Ada yang belum pernah tahu tentang Jembatan Mahakam? Sudah tahu atau belum, pastinya kamu harus mengunjungi jembatan yang menjadi salah satu ikon dari Samarinda ini.

Jembatan Mahakam memiliki panjang 400 meter dan merupakan penghubung antara Mahakam Utara dan Mahakam Selatan. Jembatan ini diresmikan pada tahun 1987 dan masih digunakan dengan baik sebagai akses jalan lalu lintas bagi masyarakat Samarinda.

Kalau datang ke Samarinda, belum lengkap rasanya kalau kamu tidak mengunjungi jembatan ini. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan Sungai Mahakam yang memiliki sejarah dan makna tersendiri.

Apalagi kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di Tepian Mahakam sambil menyantap berbagai kuliner khas Samarinda di sana. Bisa jadi spot foto juga, nih!

  1. Jungle Water World

Salah satu tempat wisata air di Samarinda yang bisa kamu coba bersama rombongan liburan kamu adalah Jungle Water World. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai wahana air dengan konsep hutan yang sesuai dengan namanya.

Bermain air dengan latar mirip dengan hutan yang hijau, sejuk, dan segar pastinya menjadi pengalaman yang tidak bisa dilupakan. Dengan dekorasi bunga dan pepohonan rindang, tempat wisata ini juga bisa jadi spot foto yang menarik.

Mau jeprat-jepret dari sisi manapun, pasti hasilnya akan sangat cantik dengan background pemandangan hijaunya yang membuat mata jadi lebih adem.

Baca: 25 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

  1. Air Terjun Tanah Merah

Kalau kamu tinggal di wilayah perkotaan yang minim akan pemandangan alam, maka jangan sampai kamu melewatkan tempat wisata alam di Samarinda yang satu ini.

Salah satu air terjun yang terkenal di Samarinda adalah Air Terjun Tanah Merah. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan di sekitar air terjun dengan menggunakan perahu.

Hal yang unik dan ikonik dari air terjun ini adalah airnya yang semula berwarna bening, akan menjadi keruh kemerahan ketika menuju ke hilir sungai. Mengapa bisa begitu? Karena dasar tanah hilir di sini merupakan jenis gambut yang memiliki ciri berwarna cokelat kemerahan.

  1. Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS)

Kebun Raya Unmul Samarinda atau KRUS merupakan kebun raya yang dimiliki oleh Universitas Mulawarman, karena itu pada namanya terdapat singkatan Unmul. Meski dikelola oleh instansi pendidikan, namun kebun raya ini juga dibuka untuk umum.

Dengan harga tiket hanya 5 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati pemandangan alam yang disajikan pada hutan pendidikan ini. Di dalam KRUS, kamu bisa menemukan danau besar dan cantik yang siap untuk dijelajahi dengan sepeda air.

Tidak hanya danau, jelajahi juga kebun di KRUS dengan andong yang tersedia. Nikmati pemandangan alamnya selama perjalanan, pasti bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Eitsss, jangan lupa untuk ambil foto di tempat ini. Kamu bisa mengunjungi kebun binatang mini juga di KRUS untuk berfoto bersama beberapa binatang di sana. Lengkap banget, ya?

Baca: 10 Wisata Jawa Timur yang Patut Dikunjungi

  1. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Satu lagi tempat wisata yang memiliki paket lengkap, yakni Taman Rekreasi Lembah Hijau. Kamu bisa menikmati berbagai fasilitas dan wahana rekreasi di sini, mulai dari kolam pancing, kolam renang, replika hutan, kafetaria, hingga camping ground.

Taman Rekreasi Lembah Hijau ini juga cocok untuk kamu yang ingin mencoba rasanya berkemah di Samarinda bersama teman atau keluarga. Saat berkemah pun, kamu bisa mencoba fasilitas-fasilitas lain yang disediakan.

Pagi sampai sore bermain di fasilitas permainan yang menyenangkan, malamnya kamu bisa beristirahat di tenda dengan pemandangan langit malam yang mempesona. Menarik, bukan?

  1. Desa Budaya Pampang

Kalau kamu sedang atau akan pergi ke Samarinda dan ingin menjelajahi keunikan daerahnya, maka kamu harus mengunjungi Desa Budaya Pampang. Tahu, tidak? Desa ini ternyata dihuni oleh suku Dayak Kenyah asli, loh!

Karena itu, kalau kamu mengunjungi desa budaya yang satu ini, kamu bisa berkenalan secara langsung dengan keunikan suku asli dari Kalimantan Timur ini. Rencanakan kunjungan ke Desa Budaya Pampang untuk sehari, maka kamu bisa mengamati secara langsung bagaimana kehidupan sehari-hari penduduk di sana.

Baca: 18 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi

  1. Pulau Beras Basah

Kalau sudah menikmati pemandangan hijau Samarinda, belum lengkap rasanya kalau kamu belum menjelajahi pemandangan pantai dengan air birunya yang memukau. Tempat wisata Pulau Beras Basah bisa jadi salah satu jawaban yang tepat untuk kamu.

Kamu akan mendapatkan keindahan alam pantai dengan air berwarna biru jernih dengan pasir putih bersih di pulau ini. Ditambah dengan pepohonan kelapa yang membuat kesan pantai impian jadi lebih mempesona.

Apalagi dengan berbagai fasilitas dan wisata kuliner yang disajikan, kamu pasti betah berlama-lama di sini.

  1. Patung Pesut Tepian

Berpindah ke Kabupaten Samarinda, kamu akan menemukan sebuah patung yang menjadi ikon di sana, yakni Patung Pesut Tepian. Sebelum itu, apakah kamu pernah tahu apa itu pesut?

Pesut merupakan lumba-lumba air tawar yang bisa kamu temukan di Kalimantan Timur, lebih tepatnya di Sungai Mahakam. Pesut merupakan salah satu hewan yang populasinya terancam punah, loh.

Patung Pesut Tepian dibuat dengan mengacu pada hewan kebanggan dan ikonik dari Kalimantan Timur ini. Kamu bisa berfoto bersama patung pesut dan menikmati waktu bersantai kamu di sini.

Baca: Wisata Bahari Lamongan, Habiskan Waktu Liburan Akhir Pekanmu Di Sini!

  1. Kampung Tenun Samarinda

Kalau mau melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan kain tenun khas Kota Samarinda, kamu bisa mengunjungi Kampung Tenun Samarinda. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kain tenun berkualitas di sini yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman.

Untuk proses pembuatan kain tenun, di sini kamu akan melihat bagaimana proses tradisional menenun benang menjadi kain tenun dengan sebuah alat tenun non-mekanis yang bisa disebut sebagai Gedokan.

  1. Hutan Pinus Samboja

Satu lagi tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam yang menawan, yakni Hutan Pinus Samboja. Sesuai dengan namanya, kamu bisa menemukan ribuan pohon pinus yang ditanam di hutan ini.

Dengan pemandangannya yang hijau, sejuk, dan asri, kamu bisa jadikan tempat wisata ini sebagai salah satu hidden gem untuk spot foto yang instagramable. Kalau ingin menikmatinya lebih lama, kamu bisa adakan piknik kecil-kecilan bersama keluarga atau teman di bawah pohon pinus yang rindang. Seru, bukan?

Jangan Lupa Berkunjung Ya !

Itu dia 10 tempat wisata di Samarinda yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga dan teman. Kamu bisa menjelajahi semua tempat wisata rekomendasi dari kami dan dapatkan berbagai pengalaman baru berlibur di Samarinda yang menyenangkan dan tak terlupakan. (*/Fan)

Baca: Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Indonesia

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.