fbpx

10 Tempat Wisata di Pekanbaru Favorit Para Pengunjung, Cek Disini!

waktu baca 6 menit
Ket Foto: Istana Siak Sri Indrapura. (Foto/Istimewa)

Kupas tuntas, gemasulawesi – Keindahan alam Indonesia diakui memang banyak menarik minat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung. Salah satu daerah yang memiliki objek wisata favorit adalah Kota Pekanbaru. Ibukota Provinsi Riau ini punya sederetan tempat wisata di Pekanbaru yang menarik untuk kamu kunjungi. Tim Gema Sulawesi telah menyajikannya untuk kamu. Yuk, baca.

Rekomendasi Wisata Favorit di Pekanbaru

Untuk kamu yang ingin pergi jalan-jalan ke Pekanbaru, berikut ini rekomendasi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi.

10 Wisata Pilihan Untuk Dikunjungi

  1. Bukit Kapur Air Hitam

Wisata yang satu ini sangat cocok untuk para traveller yang memburu foto instagramable. Pemandangan di Bukit Kapur Air Hitam, Pekanbaru akan membawamu pada suasana Grand Canyon.

Meskipun bernama Bukit Kapur Air Hitam, bukan berarti air kapur di bukit ini berwarna hitam. Dinamai demikian karena lokasinya di wilayah Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru. Tempat ini berada di pusat kota sehingga sangat strategis dan aksesnya mudah ditemukan.

Objek wisata ini seringkali digunakan sebagai tempat foto pre-wedding. Namun tidak menutup kemungkinan bagi kamu dan teman-teman untuk berfoto ria di wisata ini. Nikmati keindahan pemandangan alamnya ya!

  1. Kawah Biru

Kawah Biru menjadi tempat wisata di Pekanbaru favorit para wisatawan. Kawah ini memiliki air berwarna biru yang disebabkan oleh galian pasir putih bening sehingga warna airnya pun jelas berwarna biru jernih.

Sebenarnya, Kawah Biru yang berlokasi di Desa Tanah Merah ini dulunya merupakan lokasi bekas galian yang kemudian terisi air hujan hingga membentuk kawah.

Para wisatawan yang berkunjung mengaku bahwa objek wisata seperti Kawah Biru jarang dijumpai. Akhirnya mereka pun banyak mengajak teman-temannya untuk turut berkunjung sembari berfoto-foto. Sekadar informasi, harga tiket yang dibanderol juga murah. Tempat parkir pada kawasan ini juga cukup luas.

Baca: Wisata Bahari Lamongan, Habiskan Waktu Liburan Akhir Pekanmu Di Sini!

  1. Air Terjun Aek Martua

Wisata air terjun menjadi andalan di berbagai daerah, termasuk juga di Pekanbaru. Namun, terdapat keunikan tersendiri pada air terjun yang dimiliki kota Pekanbaru bernama Air Terjun Aek Martua ini.

Pesona alam air terjun bisa kamu nikmati melalui adanya tiga tingkatan air terjun. Masing-masing memiliki ketinggian berbeda mulai dari 15 meter hingga 40 meter. Pasti pemandangan yang ditawarkan pada tiap ketinggian itu juga berbeda.

Saat berkunjung ke sini, jangan lupa membawa kamera demi mendapatkan foto-foto terbaik. Untuk mencapai tempat ini, kamu perlu menempuh perjalanan 3 km melewati hutan. Perjalanan akan sangat menguras tenaga, jadi usahakan kamu dalam kondisi fisik yang sehat.

  1. Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman H.S adalah perpustakaan paling megah di Kota Pekanbaru. Perpustakaan ini berdiri layaknya mall karena selain megah, di dalamnya juga menyediakan koleksi buku yang lengkap.

Bentuk bangunannya sangat unik seperti buku yang sedang dibuka. Saat berkunjung, fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap seperti ada WiDi, komputer, tempat baca, ruangan ber-AC dijamin membuatmu betah berlama-lama di perpustakaan ini.

Tempat wisata yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, terutama mereka yang merupakan kutu buku. Cobalah berkunjung ke sini, siapa tahu produktivitasmu bisa meningkat dengan menambah pengetahuan dari buku-buku menarik.

Baca: 18 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi

  1. Masjid Agung An-Nur

Sedang mencari wisata religi untuk menambah pengetahuan mengenai keagamaan? Nah ada baiknya kamu berkunjung ke Masjid Agung An-Nur. Selain berfungsi sebagai tempat untuk ibadah, masjid ini juga terkenal sebagai tempat wisata di Pekanbaru khususnya objek wisata religi.

Dari tampilan luar, arsitektur bangunan ini sangat megah dan tampak indah. Tidak heran, bangunannya merupakan perpaduan gaya Melayu, Arab, Turki, dan India. Karenanya, masjid ini sering disebut sebagai Taj Mahalnya Pekanbaru.

Menariknya lagi, kamu akan mendapatkan pemandangan menakjubkan ketika berkunjung di malam hari. Terdapat lampu warna-warni hasil pantulan dari kolam masjid yang akan menambah keindahan dari masjid ini.

  1. Istana Siak Sri Indrapura

Ternyata di Pekanbaru tersedia berbagai wisata yang lengkap. Selain wisata religi di masjid, di Pekanbaru juga bisa berwisata sejarah loh. Salah satu wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi yaitu Istana Siak Sri Indrapura.

Tempat ini merupakan peninggalan kerajaan terbesar di Riau yang bernama Kesultanan Siak. Banyak peninggalan yang tersimpan rapi, dirawat, dan dijaga oleh para pengurus istana ini.

Sebagai informasi, Istana Siak Sri Indrapura adalah wisata sejarah yang paling banyak dikunjungi. Sebagian besar pengunjung ingin mendapatkan edukasi mengenai sejarah provinsi Riau beserta cerita kesultanannya.

  1. Alam Mayang Pekanbaru

Alam Mayang Pekanbaru cocok dijadikan destinasi selanjutnya bagi kamu yang ingin “kembali ke alam”. Pasalnya, suasana pada wisata ini benar-benar asri seperti pada alam lepas. Alam Mayang merupakan tempat rekreasi yang biasa untuk bersantai bersama keluarga.

Terdapat tempat memancing dan sangat mendukung kegiatan outdoor. Wisata ini sangat ramai dikunjungi pada saat hari libur. Hal ini juga didukung karena lokasinya yang berada di pusat kota. Suasana alam yang ditawarkan bisa dibilang jarang ditemui di tempat-tempat sekitar pusat kota.

Banyaknya pepohonan rindang menjadi alasan utama para wisatawan mengunjungi Alam Mayang. Ada rencana berlibur ke sini?

Baca: 10 Wisata Jawa Timur yang Patut Dikunjungi

  1. Asia Heritage

Pernah memimpikan berkunjung ke tempat-tempat indah di luar negeri? Tenang, sekarang kamu bisa temukan tempat wisata di Pekanbaru dengan gaya mirip Asia, yaitu Asia Heritage.

Asia Heritage merupakan objek wisata yang menawarkan konsep unik, yaitu kamu bisa merasakan sensasi seperti berada di empat negara, yakni Indonesia, Korea, China, dan Jepang. Seperti menjelajah Asia!

Dari pusat kota, kamu harus menempuh jarak sekitar 14 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 25 menit. Setelah sampai, banyak spot foto yang bisa kamu jelajahi. Misalnya Chinatown, Great Wall, Masjid Cheng Ho, Rainbow Slide, dan masih banyak lagi.

  1. Kebun Binatang Sang Kulim

Objek wisata ini cocok sebagai media edukasi bagi anak-anak. Kamu bisa berkunjung bersama keluarga untuk mengenal jenis-jenis hewan di Kebun Binatang Sang Kulim.

Seperti layaknya kebun binatang, tentu kamu akan diajak berkeliling menggunakan kendaraan yang tersedia. Tidak hanya itu, terdapat juga area bermain anak-anak dengan wahana yang ditawarkan seperti ayunan, papan seluncur, kolam renang, dan sebagainya.

Liburan bersama keluarga ke Kebun Binatang Sang Kulim dijamin membuatmu nyaman. Ditambah lagi di sekitar wisata banyak kuliner khas Pekanbaru yang siap memanjakan lidahmu setelah penat berkeliling.

Baca: 20 Daftar Tempat Wisata di Manado yang Harus Kamu Kunjungi

  1. Rantau Fantasi

Masih belum cukup menikmati wahana bermain dari kebun binatang saja? Artinya kamu harus berkunjung ke Rantau Fantasi, nih. Rantau Fantasi adalah tempat wisata di Pekanbaru yang merupakan taman rekreasi terbesar di Sumatera.

Taman rekreasi ini memiliki luas 6,5 hektar dengan berbagai wahana jumbo di dalamnya. Wahana bermainnya dibedakan menjadi wahana basah dan kering. Wahana basah di antaranya kolam renang dengan berbagai jenis dan variasinya. Sementara itu, wahana kering akan banyak menguji adrenalinmu seperti kora-kora, wave blaster, dan sebagainya.

Tempat ini cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu libur panjang. Saat berada di sini, setidaknya kamu bisa berelaksasi dari pekerjaan ataupun tugas-tugas lainnya. Cocok jadi wahana healing bukan?

Tempat wisata di Pekanbaru sangat lengkap bukan? Kamu bisa memilih akan berwisata sejarah, wisata religi, atau sekadar rekreasi, semuanya tersedia di Pekanbaru. (*/Fan)

Baca: 14 Daftar Tempat Wisata Semarang yang Sangat Wajib kamu Kunjungi

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.