Selasa, Mei 18, 2021

1 Juni 2021, Jabatan Pengawas di Parimo Beralih Fungsi ke Fungsional

Must read

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Berdasarkan Intruksi KemenpanRB, terhitung mulai 1 Juni 2021, jabatan pengawas atau Eselon IV akan dialihkan ke jabatan Fungsional.

“Paling lambat 1 Juni sudah terealisasi diseluruh Indonesia,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Parigi Moutong, Ahmad Saiful saat dikonfirmasi belum lama ini.

Ia menuturkan, rencananya pelantikan Eselon II dan III dilakukan pada 12 April 2021 mendatang. Kemudian Eselon IV yang telah beralih ke fungsional juga akan dilantik.

Pelantikan Eselon II yaitu pejabat yang belum sempat dilantik kemarin karena masih menunggu rekomendasi dari Menteri Dalam Negeri khususnya mengemban tugas sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) serta pengisian jabatan lowong Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Baca juga: Aneh, Kalapas Parigi Sebut Kreatif Warga Binaan Buat Senjata Tajam

“Insya Allah pelantikan akan dilakukan Senin besok, Eselon III a dan III b serta Eselon II yang belum dilantik kemarin,” sebutnya.

Selanjutnya, jabatan pengawas yang dihilangkan ada dibawah bidang. Kemudian jabatan pengawas yang dipertahankan adalah berada dibawah sekretaris seperti Kasubag keuangan, program, dan kepegawaian.

Sementara untuk di kecamatan lanjut dia, tersisa Camat, Sekcam, Kasubag orogram/keuangan dan Kasubag kepegawaian. Untuk Kelurahan tersisa Lurah dan Sekretaris Lurah (Seklur).

“Kasubag di Dinas yang dibawah Sekretaris tetap dipertahankan tidak dihilangkan, begitupun di Kecamatan dan Kelurahan,” tuturnya.

Selain itu KemenpanRB juga mendorong instansi pembina jabatan fungsional melakukan penataan di berbagai aspek.

Instansi pembina jabatan fungsional pun wajib melakukan penyesuaian sesuai Peraturan MenPAN-RB Nomor 13 Tahun 2019 tentang Pengusulan, Penetapan dan Pembinaan Jabatan Fungsional PNS.

Penyederhanaan birokrasi ini sesuai dengan arahan Presiden. Dengan begitu, jabatan administrator (eselon III) dan pengawas (eselon IV) telah resmi dialihkan ke jabatan fungsional. Hal ini tentunya membutuhkan penyesuaian dalam pengelolaan manajemen kepegawaian.

Pembinaan jabatan fungsional penting bagi Bagian Sumber Daya Manusia karena adanya perubahan proses pengelolaan organisasi dari basis struktural menjadi fungsional. Hal ini juga berpengaruh bagi kepemimpinan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama untuk dapat melakukan supervisi dan pembagian tugas langsung kepada individu.

Baca juga: 2021, Target Perampungan Jembatan Olobaru-Lemusa

Laporan: Aldi

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article